Olahraga

Boleh dibilang Samarinda merupakan kota yang megah dengan memilikinya sederet fasilitas olah raga yg lengkap, dengan memiliki 3 Stadion sepakbola berstandart, Lapangan Bulu tangkis berstandart Internasional, Sirkuit Kalan yang memadai perkembangan balap motor di Samarinda. 

1. Stadion Segiri

Stadion Segiri merupakan sebuah stadion yang berlokasi di pusat kota Samarinda, Kalimantan Timur. Merupakan salah stadion yang representatif yang dimiliki Kota Samarinda
selain Stadion Utama Palaran dan Stadion Madya Sempaja. Stadion ini juga merupakan stadion kandang bagi kesebelasan Persisam Putra Samarinda.
Daya tampung stadion ini diyakini 18 ribu penonton dari 4 tribun. Untuk tribun utara dapat menampung 2.700 orang, tribun timur 5.000 orang, tribun selatan 2.700 orang dan tribun barat 7.600 orang.

 
Sejarah
Kompleks Stadion Segiri dibangun pada masa yang bersamaan dengan pembangunan Balai Kota Samarinda pada sekitar tahun 1960-1970 Dilakukan renovasi pada tahun 2008 sebagai persiapan pelaksanaan PON XVII. Stadion Segiri Samarinda, Kalimantan Timur merupakan stadion sepakbola kandang kub kebanggaan warga Samarinda yaitu Persisam Putra Samarinda. Merupakan salah stadion yang representatif yang dimiliki Kota Samarinda selain Stadion Palaran dan Stadion Sempaja.

2. Stadion Utama Palaran

Stadion Utama Kaltim atau sering disebut pula Stadion Utama Palaran adalah sebuah stadion serbaguna di Kota Samarinda, Kalimantan Timur yang merupakan bagian dari kompleks olahraga Kompleks Stadion Utama Kaltim. Stadion ini dibangun oleh Pemerintah Provinsi Kaltim untuk menghadapi PON XVII dan diresmikan penggunaannya oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 18 Juni 2008. Stadion ini digunakan sebagai tempat upacara pembukaan PON XVII pada tanggal 5 Juli 2008 dan upacara penutupan PON XVII pada 17 Juli 2008. Selain itu stadion ini juga ditunjuk oleh PSSI menggelar babak final dan 8 besar Divisi Utama Liga Indonesia 2008.

3. Stadion Madya Sempaja

Stadion Madya Sempaja merupakan sebuah stadion yang berada di wilayah Kota Samarinda, Kalimantan Timur, tepatnya di kawasan Sempaja Selatan, Samarinda Utara. Stadion ini memiliki kapasitas sekitar 15.000 penonton. Stadion ini memliki fasilitas yang bagus dan karena itu pula menjadikannya terpilih menjadi stadion terbaik Divisi I Liga Indonesia 2007 dan pernah menjadi kandang klub Divisi Utama Persisam Putra Samarinda. Stadion Madya Sempaja berada di komplek Stadion Sempaja. Di wilayah komplek ini terdapat sebuah hotel yang fungsinya sebagai tempat menginap bagi atlet-atlet yang bertanding di Stadion Sempaja.

4. Gor Bulu Tangkis Palaran

Gor Bulu Tangkis Palaran adalah lap. bulu tangkis terbesar di kota Samarinda. Gor Bulu Tangkis Palaran di bangun bersamaan dengan Stadion Utama Palaran untuk penyelenggaraan PON  ke XVII di KALTIM.  Gor Bulu Tangkis Palaran sudah dua kali mendapat kepercayaan untuk menyelenggarakan event sekelas Internasional. Event Kejuaraan Bulutangkis Dunia Indonesia Open Grandprix Gold 2011 di selenggarakan Di Gor Bulu Tangkis Palaran, merupakan kali kedua diselenggarakan Indonesia, menjadi bagian kontribusi kita terhadap dinamika perkembangan bulutangkis dunia. Sekaligus mempertegas posisi dan peran Indonesia.

5. Sirkuit Kalan